Firman Allah menegaskan bahwa “….. orang yang berbudi luhur merancang hal-hal yang luhur, dan ia selalu bertindak demikian” (Yesaya 32:8). Kebenaran yang dituangkan dalam nubuatan Yesaya ini berbicara tentang pribadi yang berbudi luhur, yang berpikir luhur, bersikap luhur dan bertindak luhur secara konsisten. Hal ini menerangkan tentang seseorang pribadi yang luhur yang akan selalu menyatakan keluhurannya sebagai karakteristik dirinya. Dalam kaitan ini dapat dilihat bahwa seorang individu sesungguhnya memiliki kepribadian utuh yang ditandakan dengan karakter 1yang menjelaskan tentang karakteristik kepripadian individu dimaksud. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kepribadian diekspresikan melalui karakter dan karakter yang dibangun di atas sejumlah faktor menunjukkan kadar nilai dari kepribadian. Jadi apabila pemimpin memiliki karakter yang disebut “berbudi luhur” maka pada tahap pertama, ia telah membangun kepribadiannya di atas nilai yang luhur, dan dari nilai luhur ini, ia mengekspresikan karakternya yang berkarakteristik “berbudi luhur” dimaksud. Dalam upaya menejelaskan hubungan yang integral antara pemimpin dan karakternya, maka tulisan ini akan membahas beberapa pokok penting, yaitu antara lain., Satu, Seluk beluk karakter individu; Kedua, Mengembangkan karakter yang luhur; yang diakhiri dengan suatu rangkuman.
SELUK BELUK KARAKTER INDIVIDU
Telah disinggung sebelumnya, bahwa karakter sangat erat hubungannya dengan kepribadian setiap individu. Substansi kepribadian setiap orang memiliki ego (diri, hakikat diri), yang dibangun di attas temperamen yang merupakan bawaan lahir. Ego memiliki (dimiliki) tubuh, jiwa, roh yang menjadikan manusia sebagai manusia (yang hidup, yang bukan binatang), dengan kesatuan psiko-somatik (jiwa/roh-tubuh) utuh tidak terpisahkan. Ego yang dimotori oleh temperamen mempengaruhi pikiran (intelek/ kognisi), perasaan (emosi) dan kehendak (volisi) yang beroperasi secara mekanis dan integral. Di sini jelas terlihat bahwa secara substatif, manusia disebut manusia karena ia memiliki ego yang ada menyatu pada tubuh/jiwa/roh, yang olehnya manusia adalah seorang pribadi dengan kepribadian utuh. Ego diwarnai oleh temperamen yang merupakan bawaan lahir, yang memberi pengaruh dasar awal terhadap pikiran, perasaan dan kehendak setiap individu. Kenyataan manusia seperi inilah yang menjadikannya manusia pribadi, dengan kepribadian sepesifik. Selanjutnya, perlu disadari bahwa “Kepribadian seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor genetika/ temperamen/ bawaan lahir, lingkungan, dan pengalaman hidup individu.”2 Di sini terlihat bahwa ada faktor kepribadian dan pengaruh kepribadian yang tidak dapat diubah atau dipengaruhi, karena merupakan destini dari setiap orang. Faktor-faktor dimaksud secara dominan mempengaruhi kepribadian, tanpa dapat diubah, karena sifatnya yang tetap, namun hanya dapat disikapi.3
Menghubungkan kepribadian dengan karakter, perlu diawali dengan menegaskan bahwa ego (ke-AKU-an) yang membentuk seseorang sebagai manusia pribadi adalah bagian dari genetika dan bawaan lahir setiap orang yang menjadikan kepribadian dengan temperamen yang permanen dan tidak berubah. Tatkala seorang individu mengekspresikan dirinya, maka ia sedang menyatakan karakteristik kepribadiannya yang dari padanya dapat terlihat karakter khusus yang dimilikinya. Dari sisi ini terlihat faktor pengaruh terhadap kepribadian setiap individu yang dialami, diperoleh dan dijalani dalam lingkungan kehidupan di mana setiap orang berada dan dibesarkan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kepribadian yang permanen itu ditandakan dengan karakter khas yang dipengaruhi sejumlah faktor, yang menyebabkan karakter memiliki sifat “dapat berubah.”4 Dengan adanya sifat ini pada karakter, maka karakter setiap orang dapat dikembangkan menjadi lebih baik dari apa yang ada padanya, karena karakter adalah ekspresi dari kepribadian.5
MENGEMBANGKAN KARAKTER YANG LUHUR
Telah diungkapkan bahwa karakter memiliki sifat khas “dapat berubah” yang olehnya karakter dapat dikembangkan menjadi positif atau dibiarkan untuk dipengaruhi sehingga menjadi negatif.6 Dengan demikian, dalam upaya mengembangkan “karakter menjadi luhur” maka ada dua aspek yang akan disinggung, antara lain., Satu, Menata perkembangan format diri; dan; Kedua, Pencitraan diri yang positif.
Menata perkembangan format diri
Dalam upaya mengembangkan karakter luhur, setiap individu dan pemimpin Kristen perlu manyadari dengan dalam bahwa menurut Alkitab, “semua orang (manusia) telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah” (Roma 3:23). Kebenaran ini menegaskan bahwa secara natur, manusia adalah berdosa, dan tidak memiliki kekuatan untuk mengembangkan diri menjadi luhur dalam arti yang sebenarnya. Ini tidak berarti bahwa secara umum, manusia tidak dapat “berpikir positif yang alami,” karena pada dasarnya, manusia memiliki kebaikan umum, yang olehnya secara sosial manusia sejahat apapun dia, pasti akan bersikap baik terhadap isteri, suami, atau anak-nya. Namun, kebaikan seperti ini bernilai positif tidak penuh, karena dosa, sehingga manusia sebaik apapun dia, ia akan membenci musuhnya (ia tentu memiliki musuh) dan dimusuhi orang lain.7Hal ini berarti secara umum, manusia dapat saja berbicara tentang berpikir positif, tetapi dalam sifat yang tidak murni, karena dosa yang ada padanya (Roma 6:23). Pada sisi lain, bagi orang Kristen, tatkala ia di dalam Kristus, sesungguhnya ia telah menjadi “manusia baru” (II Korintus 5:17), dimana manusia lama (natur keberdosaan) telah diselesaikan TUHAN (I Korintus 15:1-5), sehingga ia telah mengalami pembaruan hidup (Kolose 3:5-11), menjadi “manusia baru” (ciptaan baru) dalam Kristus (II Korintus 5:17). Dalam kaitan ini, tatkala orang Kristen hidup sesuai dengan panggilannya dengan cara hidup “rendah hati, lemah lembut, sabar, mengasihi, memelihara kesatuan dalam ikatan damai sejahtera” (Efesus 4:1-3) dan hidup dalam kasih serta menjauhkan diri dari perbuatan kegelapan dan hidup sebagai anak-anak terang dengan arif sesuai kehendak Allah (Efesus 5:1-18), dan memiliki belas kasihan dengan sifat serta kata-kata yang membangun (Kolose 3:12-17), kemudian “membangun pikirannya di atas “apa yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, dengan kebajikan dan tindakan yang patut dipuji” (Efesus 4:8), maka ia telah “bersikap, berpikir, dan bertindak positif” dalam arti yang sejati. Dengan berlandaskan kebenaran ini, orang Kristen dapat mengembangkan diri kearah kedewasaan penuh (Efesus 4:13-16) yang menandakan bahwa ia sedang berada dalam suatu proses perkembangan diri yang formatif.8
Sebagai seorang individu pemimpin, perkembangan seperti yang dijelaskan di depan ini harus diupayakan sedemikian rupa, sehingga terfokus kepada sasaran: “mejadi kompeten” denganintegritas-kredibilitas karakter tinggi (Formasi Rohani); kapasitaspengetahuan yang komprehensif dan khas lebih (Formasi Pelayanan) dan kapabilitas sosial (kemampuan mengembangkan hubungan positif yang luas) dan teknis (kecakapan memimpin dengan memanejemeni secara andal), yang berkembang secara ajeg kearah kovergensi menjadi pemimpin tangguh.9 Seorang individu pemimpin yang berkembang secara formatif seperti ini menjelaskan bahwa ia sedang membangun karakternya yang dilandasi nilai etika – moral agung (Roma 12:1-2; Mazmur 1; Yeremia 9:23-24; 17:7-8; Yesaya 32:1-3,8, Daniel 12:3), yang memberikan kepadanya landasan kuat untuk berbudi luhur. Perkembangan formatif ini ditandai oleh kemampuan untuk mengendalikan diri dengan menjaga hati (Amsal 4:23), yang olehnya dari dalam dirinya mengalir air hidup (Yohanes 7:38), sehingga orang lain yang ada di sekitarnya diberkati TUHAN. Oleh pertolongan Roh Kudus, ia sedang ada dalam “kemampuan tinggi” yang dinyatakan dengan “keagungan hidup berlandaskan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri” (Galatia 5:22-23’ I Korintus 13; Yohanes 13:34-35). Cara hidup (lifeway) seperti ini menjelaskan bahwa orang Kristen/ pemimpin Kristen sedang hidup seperi Kristus TUHAN-nya (I Yohanes 2:6), ia sedang membuktikan diri memiliki keluhuran budi (Yesaya 32:8) yang ditanda-buktikan dengan memimpin banyak orang kepada kebenaran dan damai sejahtera (Daniel 12:3; Yesaya 32:17; Yohanes 14:27). Dalam kaitan dengan pengembangan diri menjadi pemimpin kompeten dengan keluhuran budi seperti ini, setiap individu Kristen/ Pemimpin Kristen harus dengan penuh kesadaran dan secara terencana membangun suatu strategi “pengembangan diri” diawali dengan sikap siap menjadi pembelajar sepanjang hidup yang terus menerus mengembangkan diri melalui belajar secara introspektif (mengkaji pengaman hidup secara internal), retrospektif (mengkaji nilai pengalaman masa lalu bagi kehidupan sekarang) dan belajar secara vikariat (vicarious learning, yaitu belajar dengan menggunakan pemimpin Alkitab, pemimpn historis yang telah berlalu dari sejarah, dan pemimpin kontempoter) sebagai model pembelajaran. Dengan menata perkembangan diri seperti ini, pemimpin sedang dan akan terus berkembang ke arah kepenuhan diri menjadi kompeten, yang ditandai oleh kenyataan bahwa ia terus menghidupi dirinya dengan karakter agung10 dimana ia menjadi berkat kepada lebih banyak orang dari berbagai kalangan. Pemenuhan format diri harus didukung oleh kesadaran bahwa sang pemimpin sedang menghidupi karakter dan menjalankan kepemimpinannya dengan cara hidup bijak. Pada sisi lain kesadaran ini harus ditopang oleh penemuan diri (secara subyektif) bahwa sang pemimpin sedang berkembang dan adanya pengakuan dari oranglain (konfirmasi) bahwa pemimpin sedang menjadi berkat bagi banyak orang. Sang pemimpin dalam kaitan ini tidak dapat bertepuk sebelah tangan (membuat klaim secara sepihak) dengan mengatakan bahwa “saya adalah kompeten dan sedang berkembang,” karena kompetensi dan perkembangan diri seorang pemimpin harus dibuktikan dengan adanya pengakuan dari orang lain secara positif bahwa ia sedang berkembang dengan adanya bukti bahwa ia menjadi berkat kepada lebih banyak orang. Pengakuan seperi ini harus disambut oleh pemimpin dengan mawas diri dan berendah hati, agar ia tidak terjebak kepada keangkuhan dan menjadi takabur.
Pencitraan diri yang positif
Kesadaran diri pemimpin secara subyektif bahwa ia sedang berkembang hanya dapat dipastikan melalui pencitraan dirinya. Pencitraan diri positif yang sejati dibangun di atas kompetensi diri yang kuat, antara lain,karakter yang teguh, pengetahuan yang komprehensif dan khas lebih serta kecakapan sosial-teknis yang andal. Pencitraan diri dalam kaitan ini adalah suatu sikap sadar bertanggungjawab seorang individu dalam mengekspresikan dirinya yang ditandai oleh pikiran, sikap, kata serta tindakan yang positif yang mewarnai lingkungan pribadi serta kinerja dengan membangun orang lain yang ada di sekirarnya dan membawa keuntungan bagi kepemimpinannya. Pencitraan diri diwali dengan adanya integritas karakter Kristen yang kuat, yang olehnya pemimpin yang membuktikan diri dengan etika moral luhur, akan diakui sebagai kredibel. Pencitraan diri dari sisi karakter ini di awali dari membangun self esteem (sikap penghargaan obyektif terhadap diri) yang mengakui bahwa dirinya berharga di mata TUHAN yang telah memilih dan menetapkannya menjadi seorang pribadi dan seorang pemimpin (Yeremia 1:5). Sikap seperti ini meneguhkan diri dengan kepercayaan yang teguh, yang melahirkan self confidence (rasa percaya diri) yang kuat sebagai pemimpin yang telah dipanggil TUHAN. Self esteem pada sisi lain akan meneguhkan self dignity (kewibawaan diri), sehingga pemimpin dapat berdiri tegak menghadapi kepemimpinannya yang ditandai oleh berbagai gelombang tantangan. Dengan sikap dasar seperti ini, pemimpin dengan sendirinya ditopang untuk berpikir, bersikap, berkata dan bertindak positif terhadap tugasnya (terstruktur objektif) orang lain (konsiderat-altruistik) dan segala sesuatu yang dihadapi (pragmatis-optmistik). Berdasarkan sikap seperti yang telah disinggung di atas, pemimpin akan diteguhkan dengan jiwa positif (hidup benar, baik hati, tulus, jujur, adil, setia, arif) yang olehnya ia memiliki mentalitas positif (keteguhan, ketekunan, kesetiaan, kerajinan, keuletan) yang memberikan kepadanyagaya proaktif (asertif, inovatif, antisipatif, partisipatif, adaptif) dalam menyikapi dan menindaki segala sesuatu. Pencitraan diri dari sisi pengetahuan akan terlihat pada kapasitas diri sebagai narasumber dengan kemampuan intelektual cemerlang. Pada sisi ini, pemimpin telah membangun dirinya dengan perangkat falsafah kehidupan yang lengkap, serta pengetahuan know how yang membuatnya cerdas dengan kemampuan menanggapi segala sesuatu secara cemerlang. Pecitraan diri dari segi kecakapan akan terlihat pada kapabilitas kinerja dari sisi sosial, dimana pemimpin piawai dalam mengelola dan membangun hubungan-hubungan dengan jejaringan yang luas pada segala aras., dan mampu memanejemeni tanggungungjawab kepemimpinan secara efektif, efisien, dan sehat yang produktif optimal.
Pada tataran lain, pencitraan diri secara praksis hanya akan bernilai positif apabila pemimpin secara bertanggungjawab menghidupi diri serta kepemimpinannya sebegitu rupa sehingga ia menandakan adanya kualitas karakter lebih. Karakter lebih ini pertama-tama ditandakan dengan adanya keagungan budi. Keagungan budi yang sejati dibangun di atas kebenaran, kebaikan, keadilan, ketulusan, kesetiaan, ketekunan dan ketahanan, yang menunjukkan adanya integritas dan kredibilitas karakter. Kedua, karakter lebih ini ditunjang oleh adanya komitmen tinggi kepada disiplin serta penguasan diri, kebijaksanaan dan kearifan dalam membangun sikap terhadap orang lain, serta adanya kesetiaan, keuletan dan ketekunan kerja berkualitas (efektif-efisien-sehat-optimal) yang membawa keuntungan bagi diri, orang yang dipimpin, dan organisasi serta masyarakat di mana kepemimpinannya dijalankan. Ketiga, karakter lebih ini ditandai dengan adanya kearifan dalam melaksanakan upaya memimpin, dengan sikap terbuka, konsiderat serta lugas terhadap orang yang dipimpin dan pekerjaan yang dijalankan. Keempat, karakter lebih pada sisi lain, nampak pada pencitraan diri yang baik dan benar yang diekspresikan melalui pikiran, sikap, kata dan tindakan yang mengangkat dan meneguhkan, sehingga dengan sendirinya akan berimbas kepada adanya pengakuan akan kualitas diri lebih yang ada pada pemimpin. Pengakuan ini merupakan imbasan berupa penghargaan obyektif tulus atas diri pemimpin sebagai refleksi orang lain atas pencitraannya. Dari sisi inilah akan terbukti sejauh mana pemimpin memiliki karakter yang luhur yang ditandai dengan adanya pengakuan dan penghargaan yang diberikan kepadanya.
RANGKUMAN
Pemimpin Kristen yang memiliki karakter luhur hanya ada karena anugerah Allah yang telah menyelamatkannya, dan menjadikannya sebagai manusia baru (II Korintus 5;17; Yesaya 32:1-2,8,17; Daniel 12:3). Manusia baru yang adalah ciptaan Allah memberikan kepada pemimpin vitalitas yang meneguhkannya untuk membangun diri ke arah kedesawaan sesuai dengan rencana Allah. Secara khusus, keluhuran karakter pemimpin dibangun diatas keluhuran budi, dengan komitmen kuat untuk taat dan setia kepada TUHAN. Dari tataran praktis, keluhuran diri pemimpin akan tampak pada karakternya yang berintegritas tinggi(benar, baik, suci, adil, jujur, tulus, setia, tabah, tekun, tangguh, indah, mulia – Lihat Filipi 4:5,8), kapasitas pengetahuannya yang komprehensif(luas) dan khas lebih (pilihan unggulan); yang menempatkannya pada tataran atas dan lini depan dalam percaturan intelektualitas; sertakapabilitas sosial dan teknis yang andal yang meneguhkan basis sosial berjejaring luas serta keandalan memanejemeni secara strategis taktis tinggi, yang membawanya unggul dalam pencapaian. Semua ini akan terwujud melalui pencitraan diri yang berimbas kepada pengakuan positif dari banyak orang tentang keandalan pemimpin, yang terbukti memilikikarakter yang luhur. Selamat menghidupi diri dengan karakter luhur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar